Rabu, 07 Maret 2012

Pengembanagan Puzlle Sebagai Media peningkatan Kosakata Bahasa Inggris



ABSTRAK
 
Oleh:
 Muhammad Sutalim, Moh Khoerul Anwar, Ratno Sapitra


Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan puzzle sebagai sebuah media pembelajaran sebagai peningkat kosakata bahasa inggris pada anak sekolah dasar. Media puzzle dalam penelitian ini adalah media yang mengusung materi vocabulary yang dikemas dengan gambar agar dapat memotivasi siswa dalam belajar vocabulary dan mudah untuk mengingatnya. Media ini menjadi jalan keluar untuk masalah pembelajaran bahasa inggris dalam hal menghafalkan kosakata dan siswa yang menggunakan media ini dapat belajar menghafal dengan lebih mudah.
Metode penelitian ini adalah metode research and development yang mengacu pada langkah-langkah yang dikemukakan oleh Borg and Gall. Dalam pengembangan puzzle sebagai media pembelajaran terlebih dahulu divalidasi oleh ahli media pembelajaran dan ahli materi. Subyek penelitian ini adalah siswa sekolah dasar kelas pandanpuro dan siswa kelas empat sekolah dasar karangwuni. Analisis data dilakukan dengan menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif dan deskriptif kuantitatif dengan tehnik persentase dan kategorisasi.
Hasil penelitian ini menunjukan bahwa media puzzle sebagai peningkat kosakata bahasa inggris dikategorikan layak dan memenuhi unsure-unsur pembelajaran yang baik.


Kata Kunci : puzzle, media pembelajaran, kosa kata bahasa inggris

Tidak ada komentar:

Posting Komentar