ABSTRAK
Oleh:
Muhammad
Sutalim, Moh Khoerul Anwar, Ratno Sapitra
Penelitian ini bertujuan untuk
mengembangkan puzzle sebagai sebuah
media pembelajaran sebagai peningkat kosakata bahasa inggris pada anak sekolah
dasar. Media puzzle dalam penelitian
ini adalah media yang mengusung materi vocabulary yang dikemas dengan gambar
agar dapat memotivasi siswa dalam belajar vocabulary dan mudah untuk
mengingatnya. Media ini menjadi jalan keluar untuk masalah pembelajaran bahasa
inggris dalam hal menghafalkan kosakata dan siswa yang menggunakan media ini dapat
belajar menghafal dengan lebih mudah.
Metode penelitian ini adalah
metode research and development yang mengacu pada langkah-langkah yang
dikemukakan oleh Borg and Gall. Dalam pengembangan puzzle sebagai media pembelajaran terlebih dahulu divalidasi oleh
ahli media pembelajaran dan ahli materi. Subyek penelitian ini adalah siswa
sekolah dasar kelas pandanpuro dan siswa kelas empat sekolah dasar karangwuni.
Analisis data dilakukan dengan menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif dan
deskriptif kuantitatif dengan tehnik persentase dan kategorisasi.
Hasil penelitian ini menunjukan
bahwa media puzzle sebagai peningkat
kosakata bahasa inggris dikategorikan layak dan memenuhi unsure-unsur
pembelajaran yang baik.
Kata Kunci : puzzle,
media pembelajaran, kosa kata bahasa inggris
Tidak ada komentar:
Posting Komentar